Metro, Jakarta - Ulama Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym selesai menghadiri acara tabligh akbar di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Senin, 9 Januari 2017. Dia membawa ceramah di sana.

Sebelum meninggalkan dermaga kapal di Pulau Pramuka, Aa Gym merekam interaksinya dengan warga. Video yang diambilnya itu dapat disaksikan di akun Facebooknya, KH. Abdullah Gymnastiar.

Aa Gym awalnya mengarahkan kameranya ke sebuah perahu yang ditumpangi ibu-ibu. Kapal itu siap berlayar ke Pulau Panggang. “Berapa jauh ke sini?” Tanya Aa Gym kepada mereka. “Lima menit,” kata ibu-ibu itu dengan suara lantang. “Kalau cuma lima menit, kenapa naik perahu?” Kata Aa Gym bergurau.

“Bagaimana kesan-kesannya ikut pengajian?” Tanya Aa Gym lagi. Mereka pun serentak menjawab, “Alhamdulillah.”

Baca: Diminta Menunda, Aa Gym Tetap Ceramah di Pulau Pramuka

Aa Gym juga memandu mereka menyebutkan kembali isi ceramahnya. Yakni, poin pertama yaitu tekad kuat, Kedua, perbanyak taubat. Berikutnya, jauhi maksiat, tingkatkan taat, dan perbanyak manfaat.

Aa Gym lantas bertanya kepada ibu-ibu itu apakah mereka warga asli Kepulauan Seribu. Mereka kompak menjawab iya. “Tapi kenapa katanya tadi ada yang gak setuju? Siapa yang gak setuju ya?” Kata Aa Gym heran. “Gak ada yang bilang gak setuju, setuju semua,” ujar seorang perempuan.

Ketika perahu itu berlayar, Aa Gym beralih merekam warga lainnya. Di sela-sela mengarahkan kameranya, Aa Gym diminta berfoto bersama beberapa warga. Aa Gym juga menyapa petugas di dermaga itu, seperti dari Dinas Perhubungan, polisi, dan tentara.

Sampai akhirnya Aa Gym menaiki sebuah kapal yang disebutnya milik seorang pengusaha. “Alhamdulillah sangat menyenangkan, bersilatuharim dengan masyarakat,” katanya sambil mengarahkan kamera ke wajahnya.

Dia juga menyinggung bahwa ada lima pengguna media sosial yang menulis keberatan dengan kehadirannya di Kepulauan Seribu. “Kita harus biasa berbeda pendapat tanpa harus emosi,” ujarnya sambil menunggu kapal berangkat menyeberang lautan.

Baca Juga:
Aa Gym Desak Ahok Minta Maaf

Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo, juga mengatakan tidak ada warganya yang menolak kedatangan Aa Gym. “Menurut laporan di lapangan, masyarakat pulau antusias atas kehadiran Aa Gym,” ucap Budi melalui pesan WhatsApp. Budi mengaku tidak bisa hadir dlaam tabligh akbar tersebut, karena sedang mengikuti rapat.

REZKI ALVIONITASARI