Bola, Jakarta - Kapten tim nasional Inggris dan Manchester United, Wayne Rooney, ternyata tak memasukan nama pelatihnya sendiri, Jose Mourinho, dalam daftar pelatih terbaik pilihan badan sepak bola dunia, FIFA. Rooney justru memberikan suaranya kepada pelatih Liverpool, Jurgen Klopp dan Pelatih Leicester City, Claudio Ranieri.

Laman Daily Mail menyebutkan bahwa nama Ranieri menjadi pilihan utama Rooney dalam memberikan suaranya. Hal itu dinilai wajar mengingat pencapaian Ranieri yang membawa Leicester City menjuarai Liga Inggris musim lalu.

Yang membuat publik Inggris terkejut adalah munculnya nama Jurgen Klopp dalam 1 dari 3 nama yang ditulis pemain 31 tahun itu. Meskipun nama Klopp menjadi yang terakhir, pemilihan ini dianggap aneh karena Liverpool tak mendapatkan satu gelar pun musim lalu.

Spekulasi bertebaran soal kenapa dia tak memasukan nama Jose Mourinho dalam daftar itu. Jika melihat prestasi musim lalu, nama Klopp dan Mourinho mungkin sama-sama tak layak masuk dalam daftar karena tak mendapatkan apa pun.

Rooney bisa saja memilih Zinadine Zidane yang membawa Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu atau Pelatih Portugal, Fernando Santos, yang membawa timnya menjadi juara Piala Eropa. Itu jika penilaian Rooney dilakukan secara obyektif.

Nama Chris Coleman, pelatih tim nasional Wales, juga masuk dalam daftar Rooney. Lantas apakah itu berarti Rooney lebih menyukai Coleman dan Klopp ketimbang Mourinho? Mungkin hanya dia yang harus menjelaskan pemilihannya itu karena Daily Mail pun belum mewawancarai si pemain itu.

Pemilihan pelatih terbaik itu dilakukan oleh 452 orang yang terdiri dari kapten tim nasional negara, pelatih serta perwakilan dari media di seluruh dunia. Setiap orang diberikan kesempatan untuk memilih 3 nama secara berurut. Nama di urutan pertama akan mendapatkan 5 angka sementara nama kedua mendapatkan 3 angka dan nama terakhir mendapat 1 angka.

Dari hasil pemilihan itu, Claudio Ranieri berhasil menyabet gelar Pelatih Terbaik Pilihan FIFA 2016. Dia mengalahkan Fernando Santos dan Zinadine Zidane yang mendapat tempat kedua dan ketiga.

DAILYMAIL|FEBRIYAN


Baca:
Tak Ada Pemain Liga Inggris di Tim Terbaik FIFA
Messi Dikritik karena Tak Hadiri Penghargaan Pemain FIFA
Rebut Gelar Pemain Terbaik, Ronaldo Sulit Mempertahankannya