Nasional, Jakarta - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Agus Susanto menuturkan pihaknya memberikan keuntungan tambahan bagi para pemegang kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan atau kartu Jamsostek melalui program Co-Marketing.

“Program ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan potongan harga di merchant, tenant, ataupun produk dan jasa lain yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Januari 2017.

Agus menjelaskan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang awalnya hanya bisa digunakan untuk mengklaim jaminan, sekarang bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga. Misalnya di hotel, belanja, pesawat, hingga jasa servis motor. Tentunya bagi pihak-pihak yang telah memiliki kerjasama Co-Marketing dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Agus, program tersebut merupakan bentuk kerjasama promosi maupun penjualan (business to business) dari produk atau jasa yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dari kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dan pelaku usaha tersebut, diharapkan dapat menguntungkan seluruh peserta, baik tenaga kerja maupun perusahaan.

Agus mengatakan besaran diskon yang diberikan menyesuaikan dengan kebijakan perusahaan mitra. Potongan harga yang diberikan berkisar 15-70 persen. Ia mengharapkan dengan kerjasama tersebut akan mampu meningkatkan jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut Agus, perusahaan juga akan mendapat manfaat lebih dengan adanya kerjasama Co-Marketing dengan BPJS Ketenagakerjaan. Misalnya penyaluran informasi kepada seluruh peserta melalui berbagai kanal yang dimiliki.

Berdasarkan data yang dimiliki, terhitung Desember 2016, sudah terdapat 411 merchant yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan tersebar di 121 Kantor Cabang. Ia mengatakan perusahaan yang terdaftar dapat diakses pada situs resmi BPJS Ketenagakerjaan http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/co-marketing/.

Agus menambahkan beberapa merchant besar yang telah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan antara lain beberapa group hotel seperti Aston International, Swiss-Belhotel International, PT. Grahawita Santika (Kompas Group) memberikan diskon sampai dengan 70 persen di cabang tertentu.

Untuk maskapai penerbangan, BPJS Ketenagakerjaan juga telah menjalin kerjasama terbatas dengan PT Garuda Indonesia, sehingga pembelian tiket di Garuda Indonesia Cabang Pangkal Pinang akan memberikan diskon sebesar 5 – 20 persen untuk penerbangan domestik dan internasional. “Kerjasama ini akan diupayakan untuk dapat berlaku di cabang-cabang Garuda Indonesia lainnya,” kata dia.

DANANG FIRMANTO