Pilkada, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono, mengunjungi Rumah Susun Tenaga Kerja Bongkar Muat (Rusun TKBM) , Kelurahan Cilincing, Jakarta Utara. "Saya sampai speechless," kata Agus di Rusun TKBM, 9 Januari 2017.

Pernyataan Agus keluar setelah ia melihat-lihat seluruh isi bangunan yang berdiri sejak 1970-an itu.Rumah susun yang sudah terlihat kumuh itu disesaki sekitar 5.000 jiwa. Saat hujan, bocor di sana-sini. "Sudah nggak layak ini, kalau hujan di sini bocor sampai ke dalam," kata seorang penghuni di lantai 6.

Rumah susun ini juga terasa pengap karena sirkulasi udara yang buruk. Tak hanya itu, beberapa tangga terlihat sudah tak punya pegangan sehingga berbahaya untuk para penghuni."Jangan sampai ada lagi korban karena tidak ada pegangan tangan" ujar Agus saat kampanye di hadapan puluhan penghuni Rusun TKMB.

Rumah susun milik PT Pelindo ini menurut Agus Yudhoyono sudah tak layak lagi. "Harusnya Pemda bisa terus berkomunikasi dengan Pelindo," kata Agus. Bagaimanapun kata Agus, para penghuni adalah warga DKI Jakarta."Ini tadi kita lihat masih jauh dari standar hidup layak warga yang ada di Jakarta."


AMMY HETHARIA|JH