Tekno, Seoul - Samsung Display salah satu divisi dari Samsung Grup merupakan produsen layar jenis Organic Light Emitting Diode. Samsung bahkan sudah memonopoli pasar dengan produksi OLED mereka.

Awal tahun ini, Samsung dikabarkan akan menambah investasinya untuk memproduksi lebih banyak layar OLED untuk kebutuhan ponsel pintar. Angka investasi yang direncanakan bernilai hingga US$ 2 miliar atau sekitar Rp 27 Triliun, seperti dilansir melalui Sammobile.com, Rabu 11 Januari 2017.

Sebuah laporan yang dipublikasikan oleh media Korea Selatan Chosun Biz menyatakan bahwa Samsung berencana untuk melakukan investasi tersebut di Vietnam. Samsung dikabarkan tengah memproses kesepakatan final dengan pemerintah provinsi Tinh Bac Ninh di Vietnam bagian utara.

Samsung mengharapkan keputusan final investasi tersebut bisa diumumkan pada kuartal pertama 2017.

Para kompetitor Samsung, saat ini diketahui juga sudah memulai gerakan untuk turut memproduksi dan memperbanyak produksi layar OLED. Salah satu kabar terakhir adalah Sharp berencana meningkatkan investasinya di Foxconn untuk membuat layar OLED.

Display telah membuat beberapa investasi di Vietnam. Dana investasi terakhir kabarnya akan mencapai US$ 6 miliar atau sekitar Rp 81 triliun.

Samsung Electronics juga telah mengoperasikan dua fasilitas produksi di Vietnam di mana kedua pabrikasi tersebut menjual 50 persen produknya untuk pasar global. Pemasok perangkat seperti Samsung Display juga telah memperluas kapasitas produksi di area tersebut.

Samsung Display kabarnya akan mencari cara untuk memperluas produksi layar OLED sesegera mungkin mengingat kebutuhan layar OLED. Samsung tampaknya ingin menjadi satu-satu pemasok layar OLED untuk kebutuhan iPhone Apple.

Apple diperkirakan akan membutuhkan pasokan 100 juta layar OLED pertahun mulai pertengahan tahun 2017. Sehingga penambahan kapasitas produksi akan sangat berguna untuk kebutuhan pasokan mitra Samsung seperti Apple.

SAMMOBILE | MAYA NAWANGWULAN

Baca:
Ilmuwan Temukan Protein Baru Pengendali Rasa Sakit
Asteroid Raksasa Melintas Dekat Bumi Nyaris Tak Terdeteksi
Google Munculkan Notifikasi untuk Doodle Terbaru