Tekno, Jakarta - Perusahaan induk raksasa Internet, Yahoo, mengubah namanya. Setelah bertahun-tahun menguasai internet, Yahoo akhirnya menjual sebagian bisnisnya pada perusahan telekomunikasi Amerika Serikat Verizon.

Sisa saham Yahoo yang tidak dijual berganti nama menjadi ’Altaba Inc.’ Informasi ini terungkap dalam pengajuan oleh perusahaan dengan nama Securities And Commission (SEC) yang dilakukan beberapa hari lalu, seperti dilansir melalui Gsmarena.com, Selasa 10 Januari 2017.

Pergantian nama, sebagian usaha Yahoo ini sesuai dengan perjanjian awal yang dilakukan antara Yahoo dan Verizon dalam proses akuisisi. Sisa saham yang masih dipegang Yahoo akan berganti nama saat perjanjian jual beli mancapai titik akhir.

Pengajuan nama baru untuk sisa perusahaan yang tidak dijual ini juga sekaligus mengungkap posisi dewan direksi perusahaan yang tersisa. Hanya akan tersisa lima orang anggota dewan pimpinan direksi yaitu Tom Braham, Eric Brandt, Catherine Friedman, Thomas McInerney dan Jeffry Smith. Eric Brandt akan menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi.

Sisa dewan lainnya, termasuk CEO Marissa Mayer akan mengundurkan diri dari jabatannya di Yahoo. Sejauh ini belum ada konfirmasi resmi mengenai status para dewan direksi yang mengundurkan diri, namun sebuah laporan mengatakan Mayer mungkin mendapatkan peran dalam integrasi antara Yahoo dengan Verizon.

Yahoo kini hanya memiliki sisa saham sebanyak 15 persen pada Alibaba dan 35,5 persen pada Yahoo Jepang. Sedangkan sisa saham dan asset yang dimilikinya telah terjual untuk Verizon.

Dalam perjanjiannya, Verizon akan mengakuisisi merek online Yahoo dan bisnis layanan email. Layanan email ini diketahui memiliki 225 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Verizon di tahun 2016 kemarin sepakat untuk mengakuisisi Yahoo dengan nilai sekitar US$ 5 miliar atau sekitar Rp 67,5 triliun. Dengan kesepakatan nilai tersebut, nama Yahoo masih akan ada namun berada dibawah kepemimpinan Verizon.

GSM ARENA | THE VERGE | MAYA NAWANGWULAN

Baca:
Facebook Akan Sisipkan Iklan di Seluruh Video Facebook
Satu Dekade iPhone: Dulu Dilecehkan, Sekarang Berjaya
Vine Berubah Menjadi Aplikasi Kamera, Begini Cara Pakainya